Pembelajaran Recount Text Menggunakan Media Picture Series dan Observed and Remember Game dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Amanah Husada

PEMALANG, mediakita.co- Tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran ini adalah meningkatkan kosa kata Bahasa Inggris peserta didik dan memotivasi peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris serta peserta didik dapat lebih mudah menceritakan kembali cerita pada pembelajaran recount teks.

Menurut penulis, latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris dikarenakan peserta didik merasa Bahasa Inggris itu sulit dan asing untuk digunakan. Selain itu, kurangnya pemahaman siswa terhadap pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada pembelajaran teks, dimana siswa merasa bosan dan bingung pada saat pembuatan teks recount di kelas karena kurangnya kosa kata Bahasa Inggris siswa sehingga siswa sulit untuk mengembangkan kalimat dalam menceritakan kembali cerita pada recount teks. Selain dari sisi siswa, dari sisi saya sebagai guru yakni kurang aktif dalam mengelola kelas saat proses pembelajaran dilaksanakan. Kondisi ini tambah di perburuk dengan penerapan model pembelajaran yang dipilih belum inovatif (knvensional) dan media pembelajaran yang tidak menarik.

Tantangan yang dihadapi oleh penulis adalah yang pertama, harus menumbuhkan semangat/minat belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan. Yang kedua, pengelolaan kelas yang tepat, Yang ketiga pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga siswa merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Yang Keempat, Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa. Dan yang kelima ,pemilihan dan penerapan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi yang akan diajarkan dan karakteristik siswa. Dilihat dari tantangan diatas, disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan saya sebagai guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki yaitu kompetensi pedagogik dan profesional. Sedangkan dari sisi siswa adalah semangat/minat belajar.Strategi yang digunakan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan media picture series dan penggunaan strategi observed and remember game.

Sumber daya / materi yang diperlukan pada pelaksanaan strategi pembelajaran yaitu RPP, Buku Pembelajaran, media pembelajaran, rubrik penilaian, laptop, LCD Proyektor, LKPD, Picture Series.

Dampak dari implementasi strategi pembelajaran observed and remember game dan media picture series ini adalah Peserta didik lebih aktif dan antusias mengikuti proses pembelajaran, peserta didik lebih mudah mengembangkan kalimat dalam membuat teks, hal ini dibuktikan dengan presentasi peserta didik yang lebih terarh alur ceritanya, peserta didik lebih mudah dalam menambahkan kosa kata yang baru, dan peserta didik lebih memperhatikan pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan peserta didik dalam mengoreksi kesalahan pengucapan pada teman yang lain saat maju presentasi.

Bacaan Lainnya

 

Penulis: Anna Maoza Amalia

Pos terkait